Minggu, 24 Februari 2013

Belajar PHP mengenal tipe data

Tipe data adalah jenis data yang di terapkan oleh suatu, fungsi bagaimana kita bisa tahu jenis tipe data. Secara garis besar tipe data terbagi 3 jenis yaitu secara jumlah, mebedakan mana benar dan salah atau tulisan. Secara mendasar jenis tipe data yang di gunakan untuk Belajar PHP ada tiga jenis data primitive.

Tipe data primitive yang dikenal oleh PHP seperti :
  1. Numerik
  2. String
  3. Boolean

    Tipe data tersebut ialah :

  1. Tipe data numeric di bedakan lagi menjadi integer dan floating. Integer sebuah tipe data yang bernilai bilangan angka bulat seperti -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, sedangkan tipe data floating yang bernilai pecahan, seperti 3.7, 4.7, 5.8
  2. Tipe data String adalah tipe data yang berjenis string atau teks. Bisa juga data angka, mengapa di sebut data angka, karena angka tersebut tidak dapat di proses dan di kategorikan sebagai string. Contoh data angka yang di kenal string adalah nomor rumah, karena menyatu dengan nama jalan dan tidak bisa di kategorikan sebagai numeric
  3. Tipe data Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai 2 kemungkinan yaitu benar dan salah, contoh pada kasus PHP yaitu seperti di bawah ini:

            $x=true;
            $y=false;

             Hasil
             $x=1;
             $y=;

Pada contoh kasus Belajar PHP di atas dapat dilihat bahwa nilai x bernilai benar, sedangkan nilai y bernilai salah. Benarpada kasus tersebut di artikan adalah 1 sedangkan salah adalah kosong.

Ada beberapa jenis Tipe data lainnya selain jenis primitive pada di atas, Seperti:
  • Tipe data Objek
  • Tipe data Array 
Tipe data objek adalah Tipe data yang mempunyai nilai suatu method, Tipe data ini merupakan bisa di sebut baru dalam dunia PHP, jika anda pernah mendengar OOP ini adalah jenisnya yaitu Obejct Oriented Program.  Prosedurnya pun sama dalam jenis OOP lainnya yaitu kita mengharuskan mendefinisikan bagaimana Belajar PHP dengan kelas lalu menginisialisasikan nama objek, mungkin untuk lebih jelasnya dapat melihat contoh kasus :


 Tipe data array adalah tipe data yang mengisikan pada jenis variable yang telah kita asiggment. Hal yang perlu di ingat pada php jika kita ingin mengisi nilai pada suatu varibel di butuhkan tanda = (assignment), tanda ini merupakan suatu proses pengisian data ked ala variable tersebut.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar